Agrowisata Loco Antik Tegal Jawa Tengah

Agrowisata Loko Antik adalah tempat wisata kereta yang berada di Desa Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Loco Pangkah ini merupakan kereta yang dibuat sekitar tahun 1927 dengan menggunaan tenaga diesel di masa Kolonialisme Belanda. Wisata Loko Antik di Pangkah Tegal Jawa Tengah ini bagian dari agrowisata Pabrik Gula Pangkah yang sudah berproduksi sejak tahun 1832.

Agro Wisata Loko Antik ini dikelola langsung oleh PG. Pangkah yang merupakan perusahaan pengolahan tebu dan perkebunan hasil dari peninggalan Belanda yang sekarang menjadi bagian PTPN IV Jawa Tengah dan telah dinasionalisasikan sebagai perusahaan Indonesia. Agrowisata Loko Pangkah sangat direkomendasi untuk dikunjungi karena terdapat sejarah produksi gula dan transportasi, khususnya kereta api.

Kereta tua yang berada di PG Pangkah

Area agrowisata tidak hanya memamerkan Loco antik saja tapi juga memberikan sensasi yang berbeda ke para wisatawan karena dapat berkeliling menikmati perjalanan mengitari area sekitar pabrik gula, latihan cara baku menanam tebu dan di perbolehkan juga untuk melihat langsung proses pembuatan gula pasir dari tebu di Pabrik Gula (PG) Pangkah Tegal.

Tidak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung ke Agrowisata Loco Antik, wisatawan mancanegara juga datang untuk melihat langsung pabrik gula dan kereta bersejarah ini. Bahkan ada wisatawan internasional yang disebut-sebut sebagai anak - cucu dari pengelola pabrik Era Kolonial Belanda yang sengaja datang berkunjung untuk bernostalgia.

Naik loco antik mengitari Pabrik Gula tidak dapat dilakukan setiap hari, wisatawan bisa berkeliling menaiki loco hanya di momen tertentu saja seperti Metikan. Jadi perlu diingat dan jangan sampai terlewatkan momen tersebut supaya bisa mencoba menaiki loco antik ini.

Fasilitas Agrowisata Loko Antik

Terdapat 3 gerbong kereta tua dengan kapasitas  75 orang untuk dewasa dan untuk anak-anak bisa sampai memuat 100 anak, meski loko ini terbilang sangat tua namun masih tetap prima untuk mengangkut wisatawan dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 500m.

Ada dua jalur yang dilintasi loko antik ini:
  1. Barat Laut, jalurnya melintasi Perkebunan Tebu dan Perkampungan.
  2. Timur Laut, jalurnya melintasi Perkebunan Tebu dan Waduk Cacaban.
Seiring berjalannya waktu, pemerintah setempat mulai membenahi tempat wisata loco Pangkah – Tegal ini menjadi tempat rekreasi sekaligus tempat edukasi kekinian. Selain bisa naik kereta tua di Agrowisata Loko Antik Pangkah, wisatawan juga bisa berfoto disana karena terdapat “Spot Selfie” yang cantik dan kekinian. Tidak hanya itu saja, wisatawan bisa berenang di “Kolam Renang” yang berada di komplek Agrowisata dan terdapat juga area “Tempat Bermain” untuk anak-anak.

Harga Tiket Masuk Agrowisata Loco Antik

Untuk berkunjung ke Agrowisata Loko Antik, wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena murah meriah. Cukup dengan mengeluarkan biaya Rp. 3.000, wisatawan bisa menikmati tempat rekreasi yang ada di Pangkah – Tegal ini.
  • Tiket Masuk : Rp 3.000,-
Jam Buka dan Tutup Agrowisata Loco Antik
  • Senin – Sabtu (Tutup)
  • Minggu (Buka) Jam 07.00 – 17.00 WIB
Lokasi Agrowisata Loco Antik Pangkah, Tegal – Jawa Tengah

Wisatawan tidak perlu bingung untuk datang ke Pangkah, Tegal. Karena untuk berkunjung ke tempat wisata ini sangat mudah dan akses jalannya juga bisa dilalui semua kendaraan. Berikut ini adalah alamat lengkap Agrowisata Loco Antik Pangkah:
  • Alamat: Jalan Raya Slawi – Pangkah, Desa Bogares Kidul, Kec. Pangkah, Kab. Tegal, Jawa Tengah 52471
LihatTutupKomentar
Cancel