Telaga Air Cempaka Bumijawa Tegal Jawa Tengah

Telaga Air Cempaka merupakan salah satu tempat wisata alam yang berupa sumber mata air dan berlokasi di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal - Jawa Tengah. Luas telaga air cempaka 15 meter persegi dan memiliki kedalaman sepinggang orang dewasa, telaga ini digunakan sehari-hari untuk irigrasi persawahan dan sebagai sumber air oleh warga sekitar jadi jangan heran apabila saat berkunjung kesana terdapat banyak warga yang berada di sekitaran mata air ini.

Area santai yang berada di telaga air cempaka

Dibalik nama Telaga Air Cempaka ternyata tersimpan sebuah cerita yang mana konon nama “Cempaka” diambil dari Bunga Cempaka, bunga tersebut di tanam oleh seorang wali bernama Mbah Suluk yang berasal dari kota Cirebon. Selain menyebarkan Agama Islam, beliau juga turut membangun desa tersebut dengan membuat sumber mata air untuk kebutuhan penduduk disekitar. Karena kontribusinya yang besar, maka penduduk kemudian sepakat untuk memilih nama desa mereka dengan nama Desa Cempaka dan nama tersebut diambil dari bunga yang ditanam Mbah Suluk.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah desa menjadikan Telaga Air Cempaka sebagai tempat wisata karena selain tempatnya yang sejuk, di sekitarnya terdapat pepohonan rinang serta pemandangannya indah dari persawahan yang hijau. Pemerintah desa cempaka telah membangun sebuah pondok kayu dan beberapa bangku cantik di tepi telaga, sehingga wisatawan tidak perlu lagi berdiri untuk bisa menikmati keindahan di sekitar telaga.

Telaga Air Cempaka ini tidak begitu dalam, airnya pun tidak terlihat jernih dan lokasi telaga ini berada di dataran tinggi sehingga membuat air telaga berasa dingin. Dengan suasana yang sejuk dan indah, tidak sedikit wisatawan merasa nyaman dan ingin berlama-lama berada di telaga air sambil menikmati keindahan pemandangan telaga dan hijaunya persawahan.

Wisatawan juga bisa menyantap kue cucur, serabi dan cukit yang dijual, sambil menikmati keasrian dan hawa sejuk dari telaga cempaka. Harga jajanan tersebut sangatlah terjangkau untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wistawan dan warga lokal sekitar kota Tegal.

Dengan pesona khas pedesaan yang sederhana, banyaknya pohon rindang dan pegunungan yang mengelilingi mata air, membuat tempat wisata ini layak untuk dikunjungi karena setiap sudut telaganya sangat indah dan bisa dijadikan tempat untuk berfoto. Telaga air cempaka ini cocok buat pengunjung yang menyukai wisata alam untuk sekedar menghilangkan rasa penat akan rutinitas sehari-hari.

Harga Tiket Masuk Telaga Air Cempaka Bumiayu, Tegal – Jawa Tengah

Weekday (Senin - Jumat) = Rp. 5,000
Weekend (Sabtu dan Minggu) = Rp. 5,000

Harga tiket masuk tempat wisata Telaga Air Cempaka Bumiayu Tegal untuk Weekday (hari biasa) dan Weekend (hari libur) itu sama, harga tiket masuk tempat wisata tersebut kapan saja bisa berubah sewaktu-waktu.

Jam Buka dan Tutup Wisata Telaga Air Cempaka Bumiayu, Tegal – Jawa Tengah

Telaga Air Cempaka buka jam 24 jam, mengingat tempat wisata ini dijadikan sumber mata air oleh warga desa setempat. Jam buka dan jam tutup untuk Telaga Air Cempaka sewaktu-waktu bisa berubah tergantung dengan kondisi keadaan tempat wisata.

Jalur ke Tempat Wisata Telaga Air Cempaka Bumiayu, Tegal – Jawa Tengah

Desa Cempaka merupakan desa yang mudah dijangkau, baik dengan kendaraan transportasi umum seperti angkot, ojek atau kendaraan pribadi. Jika dari Slawi dan menggunakan kendaraan transportasi maka naik angkutan jurusan Slawi – Bumiayu, setelah sampai di Terminal Bumiayu maka cari angkutan lain yang menuju ke Desa Cempaka.
LihatTutupKomentar
Cancel